Minggu, 23 Desember 2012

Mancing Bawal

Ikan yang satu ini masih saudara dengan ikan Piranha disungai Amazon yaitu ikan Bawal,
Rangkaian Peralatan Untuk Ikan Bawal:
Bahan :
1. Nilon / Seling / Senar /Nikelin: Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, digunakan untuk mancing ikan bergigi tajam.

2. Pancing / Mata Kail














mata kail gunakan mata kail merek GAMAGATSU ukuran 4/5

3. Kili-kili ( Swivel)


 





4. Timbel /timah(pemberat) : sebesar biji jagung







 Cara Merangkai :












setelah proses di atas selesai, pasang mata kail ( Pancing ) pada kedua ujung senar.

Ingat ! timah pemberat jangan sampai tertahan jadi artinya kenur harus dapat meluncur mulus melalui lubang pada timah pemberatnya (alat seperti ini biasa disebut bemper). Hati-hati bila timah pemberat yang dipakai ukurannya agak besar, apabila sedang mengajar ikan tiba-tiba ikan berontak dan ikan dapat meloloskan diri maka jepretan timah pemberat dan rangkaian pancing akan meluncur deras ke arah anda.

RANGKAIAN BERPELAMPUNG
Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.

Umpan untuk ikan bawal
Ikan bawal tergolong rakus dan tidak pilih-pilih makanan, pemakan segala (omnivora). Apapun yang ada di dekat dia pasti disambar. Artinya makanannya gampang.
Berikut Umpan yg saya pilih dari berbagai sumber;

1.jangkrik
2.orong-orong
3.cicak bakar
4.belut bakar setengah matang agar bau anyir darahnya keluar
5.cacing posfor

mungkin inilah pengalaman yang telah saya lakukan semoga ini bisa membantu,selamat mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar